Sebenernya memang sudah banyak
yang tahu soal bagaimana buat daftar isi, daftar tabel, daftar gambar secara
otomatis di file Microsoft Word. Tapi, gue ingin sharing saja dan siapa tahu bermnafaat.
Biasanya per-daftar isi-an
secara otomatis ini dipake buat di penulisan ilmiah seperti makalah, karya
tulis, maupun skripsi. Karena biasanya tugas-tugas ngetik itulah yang banyak
gambarnya, tabel, dan bagan. Tapi tidak menutup kemungkinan, daftar isi
otomatis ini dipake dalam proses ketik file apapun. Jadi kita langsung ke step
by step nya ya.
- Di menu atau tab home, cari
‘style’ lalu buat style tulisan yang baru dengan klik ‘create a style’.
- Bikin nama khusus caption
biar gampang diingat. Namanya bebas terserah kalian, kalau gue pribadi lebih
enak pakai nama ‘caption gambar’ untuk format penulisan caption gambar, lalu ‘Caption
Bagan’ untuk format penulisan caption bagan, dan ‘Caption Tabel’ untuk format
penulisan caption tabel. Setelah kasih nama, klik ‘modify’ untuk menyesuaikan
format yang diinginkan.
- Lalu edit format penulisan
caption sesuai keinginan atau aturan kepenulisan kalian. Jangan lupa klik ‘OK’.
- Buat style penulisan jadi
tiga, atau sesuai kebutuhan. Karena di file ini cuman ada tiga, jadi gue hanya
buat tiga jenis style.
- Kemudian, mulailah ketik
caption pada setiap gambar, bagan, dan tabel. Klik ‘insert caption’.
- Lalu pilih klik ‘new label’
buat bikin jenis caption baru. Step ini boleh dilewat kalau sudah ada labelnya.
Tapi karena gue suka bingung, jadi bikin baru saja semua. Aturan penulisan
caption biasanya diatur sesuai letak gambar/bagan/tabel tersebut di mana,
apakah di Bab 1 atau Bab 2 dan seterusnya. Kalau memang aturannya sama dengan
aturan kepenulisan gue, maka bikin labelnya seperti ini: Gambar 1. = Gambar/foto yang ada di Bab 1. Gambar 2. = Gambar/foto yang ada di Bab 2. Label seperti di atas juga berlaku buat label bagan dan tabel atau apapun semau kalian.
- Nah, sudah jadi kan captionnya. Step selanjutnya blok caption, lalu pilih pakai style yang mana. Kalau contoh gambar di bawah kan caption bagan, jadi pilih style yang tadi kita sudah buat yaitu style ‘caption bagan’. Maka caption kita akan berubah otomatis sesuai dengan format style yang sudah kita atur.
- Lakukan hal yang sama pada setiap caption. Rubah style captionnya sesuai dengan format style yang sudah dibuat.
- Lalu pada halaman daftar
gambar, daftar bagan, dan daftar tabel kita pilih tab ‘References’ di Microsoft
Word, lalu klik ‘insert table of figure’.
- Akan keluar menu pilihan
seperti gambar di bawah, lalu pilih ‘options’ dan pada pilihan style, pilih
yang sesuai dengan yang dibutuhkan. Misal kita ingin daftar gambar, maka style
yang dipilih ‘caption gambar’. Maka secara otomatis, daftar gambar akan
tersusun berurutan. Lakukan hal yang sama untuk daftar bagan dan tabel.
- Tapi, jika keluar pop up seperti di gambar dibawah ketika akan
memasukkan daftar isi selanjutnya, pilih saja ‘No.’. Karena kita akan membuat
daftar baru, bukan untuk update daftar yang sudah ada.
- Kalau tulisannya bisa ke
blok secara otomatis, maka pembuatan daftar gambar/tabel/bagan nya berhasil. Dan
kita bisa update nomor halaman secara otomatis, tinggal klik kanan lalu klik ‘update
field’.
- Contoh tampilan daftar
tabel, gambar, dan bagan.
Selamat mencoba guys ^^
Komentar
Posting Komentar